Tips Agar Gigi tidak Cepat Rusak

Tips Agar Gigi tidak Cepat Rusak

Beberapa hal atau makanan yang harus dihindari agar gigi tidak rusak ini merupakan beberapa tips berdasarkan pengalaman saya. Saya sendiri adalah orang yang termasuk hobi makan, tidak heran kalau badan saya terbilang gemuk. Bagi saya makan adalah pelipur lara, lebih dari sekedar makan untuk mengisi perut saja, namun juga bisa menghilangkan beberapa stres, namun tentunya dengan makan makanan kadar tertentu, karena kalau tanpa aturan tentu akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.
Saya termasuk orang yang sangat gemar untuk makan makanan manis, karena sangat lezat mungkin karena saya termasuk orang suka dengan yang manis-manis. Namun tak dinyana saat ini gigi saya sudah rusak, dan beberapa terpaksa untuk dicabut. Alhasil saya termasuk orang yang terbilang terutama untuk usia saya yang masih terbilang muda. Saya tentu tidak ingin hal ini terjadi pada anda semua, untuk itu saya akan bagi bagaimana cara atau beberapa hal makanan yang harus dihindari agar gigi anda tidak rusak seperti saya.

Tekstur makanan

Salah satu kegemaran saya adalah makan makanan seperti daging atau ayam karena menurut saya sangat enak. Namun tekstur daging yang sangat keras ternyata dapat membuat gigi mudah sakit dan mudah rapuh terutama dalam jangka waktu tertentu bila makan daging secara rutin. Tekstur daging yang keras membuat membuat gigi bekerja ekstra keras. Hal ini tentu saja akan membuat kekuatan gigi akan semakin berkurang.

Asam

Hindari segala jenis makanan atau minuman yang mengandung asam! Salah satu contohnya adalah minuma ringan yang mengandung kadar asam sangat tinggi sekali. Saya sendiri termasuk orang yang sangat gemar minum minuman ringan atau soft drink, karena menurut saya enak dan praktis. Namun minuman semacam ini ternyata sangat merusak gigi. Bahkan jika minum minuman ringan secara rutin maka akan mengurangi kekuatan gigi, merusak lapisan luar dari gigi, sehingga bisa membuat gigi mudah retak atau patah seperti yang pernah saya alami.
Gula
Gula termasuk salah satu penyebab utama dari gigi saya menjadi cepat rusak, gula terdapat pada berbagai makanan atau hampir semua jenis makanan sampai nasi juga mengandung gula. Namun gula yang memiliki sifat jahat adalah pada makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Salah satu contohnya tentu saja adalah permen, dimana kandungan gulanya sangat tinggi 99 persen lebih, jikan dimakan dan menimbulkan sisa pada gigi, maka gula akan menjadi makanan empuk bagi bakteri perusak gigi, dan dalam waktu tertentu dapat menimbulkan lubang pada gigi.
Rokok dan kopi
Rokok merupakan salah satu kebiasaan saya yang sangat sulit untuk dihilangkan, rokok memiliki kandungan nikotin yang tinggi sedangkan kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kedua zat ini sangat tidak baik bagi gigi. Dapat menyebabkan warna gigi menjadi kuning dan tidak putih lagi. Kedua zat ini juga membuat gigi menjadi rentan rusak karena menjadi lebih rapuh sehingga mudah pecah.
Sukrosa
Sukrosa merupakan salah satu jeni gula namun lebih banyak terkandung pada berbagai buah yang mengadung derajat kemanisan tinggi. Namun berdasarkan pengalaman saya, kandungan sukrosa pada buah tidak akan terlalu berpengaruh pada kesehatan gigi jika kita makan buah dalam kadar yang normal tidak berlebihan. Namun demikian alangkah baiknya untuk makan buah terutama buah yang tidak terlalu manis.
Itulah beberapa tips mencegah kerusakan gigi dari saya dan semoga bermanfaat bagi anda semua.